Jumat, September 12, 2025
HomeBerita PropertiRangkaian Produk Kulkas Baru Sharp Untuk Raih Market Share 15 Persen

Rangkaian Produk Kulkas Baru Sharp Untuk Raih Market Share 15 Persen

PT Sharp Electronics Indonesia meluncurkan kulkas model terbaru dua pintu berteknologi J-Tech Inverter. Peluncuran ini merupakan bagian dari rangkaian strategi jangka panjang perusahaan yang menargetkan total 12 model baru hingga akhir tahun 2025.

Menurut Presiden Direktur Sharp Indonesia Shinji Teraoka, peluncuran produk terbaru ini merupakan langkah kongkret perusahaan untuk terus memperkuat bisnis di Indonesia dan keberhasilan jangka panjang ditentukan oleh permahaman mendalam terhadap konsumen lokal.

“Maka dari itu strategi pengembangan produk kami selalu berlandaskan pada prinsip ‘local fit innovation’ yang bukan hanya memperhatikan tren global tapi juga mengutamakan kenyamanan dan kebutuhan masyarakat Indonesia yang unik dan dinamis,” ujarnya dalam siaran pers yang diterbitkan Kamis (11/09).

Meski pasar kulkas dua pintu secara nasional hanya tumbuh sekitar 0,8 persen hingga pertengahan 2025, Sharp berhasil mencatatkan peningkatan market share di kategori kulkas dua pintu menjadi 33,6 persen dari sebelumnya 31,9 persen.

Di segmen kulkas dua pintu, kontribusi kulkas berteknologi inverter mencapai 39 persen dan di segmen Inverter ini Sharp berhasil mendongkrak pangsa pasar dari 4.5 persen menjadi 7.5 persen. Capaian ini membuat Sharp menargetkan market share inverter sebesar 15 persen pada akhir tahun ini.

Refrigerator Product Strategy Group Manager Sharp Indonesia Darma Effendy menambahkan, pengembangan lini kulkas terbaru ini tak lepas dari proses riset pasar dan adaptasi lokal yang mendalam dengan setiap produk kulkas mencerminkan perpaduan antara teknologi canggih dan pemahaman akan preferensi rumah tangga Indonesia.

“Kami mengusung konsep produk ‘Unique, the Only One, and Local Fit’. Misalnya dari desain hingga fitur penyimpanan, semua kami sesuaikan dengan kebiasaan memasak dan menyimpan makanan masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Baca juga: Sharp Hydro Heroes dan Sharp Greenerator untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Lingkungan

Dari dua belas model yang sudah dan akan diluncurkan, sepuluh model diantaranya diproduksi di dalam negeri, di pabrik Sharp Karawang untuk menyasar segmen menengah hingga premium. Sejak awal Januari 2024, setiap unit produk dirancang tidak hanya sebagai alat penyimpan makanan tetapi juga sebagai elemen interior rumah yang mempercantik ruangan serta mendukung gaya hidup sehat dan praktis.

Dua model pertama yang diluncurkan adalah seri Shine J-Tech Inverter Glass Mirror berkapasitas 338 dan 352 liter. Memadukan teknologi pendinginan canggih dan estetika untuk kesan elegan dan mewah, seri ini dipasarkan sekitar Rp5,2 juta-Rp5,7 jutaan dan telah mendapatkan respon yang baik dari pasar.

Kemudian menyusul Agustus 2024 Sharp memperkenalkan empat model baru seri Shine J-Tech Inverter Black Glitter Metal berkapasitas 205-352 liter yang mengedepankan desain flat foor berwarna hitam berkilau serta handle ergonomis. Kisaran harga seri ini Rp3,2 juta-5,2 jutaan.

Selanjutnya pada awal Juli 2025 dihadirkan dua model baru seri Shine J-Tech Inverter Magic Note/Pure White Glass Door dengan kapasitas 338-456 liter. Bukan hanya tampil dengan warna putih berkilau, permukaan kulkas ini bisa digunakan untuk menulis pesan atau menu masakan. Harganya mulai Rp5 juta.

Di segmen premium, strategi Sharp menghadirkan kulkas dengan kapasitas di atas 450 liter pada awal Agustus 2025. Dua model baru seri Grand Vetro J-Tech Inverter menawarkan fitur ‘The Only One’ dengan kapasitas 461-502 liter. Kulkas ini bisa mengakomodir makanan beku dalam jumlah besar yang memiliki Fresh Drawer dengan bukaan terpanjang di kelasnya mencapai 1,5 meter. Tipe ini dibanderol mulai Rp6,5 juta.

Pada bulan September 2025, Sharp menghadirkan dua model terbaru Shine J-Tech Inverter berkapasitas 276-306 liter dengan ruang freezer berasio 30:70 dibandingkan ruang pendingin lemari es untuk menyimpan makanan beku dalam jumlah besar. Seluruh mode terbaru ini dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster, Ag+Nano Deodorizer, Express Ice Making, dan lainnya.

“Dengan visi jangka panjang, strategi berbasis konsumen, dan komitmen terhadap kualitas, kami siap mempertahankan dominasi sekaligus membuka babak baru pertumbuhan bisnis yang lebih kuat, berkelanjutan, dan relevan dengan kebutuhan pasar di Indonesia,” pungkas Darma.

Berita Terkait

Ekonomi

Pacu Konsumsi, Pemerintah Kembali Gelar Harbolnas. Target Transaksi Rp35 Triliun

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perdagangan bersama Asosiasi...

KUR Perumahan Tersedia Rp1,18 Triliun Per Hari Hingga Akhir Tahun

Sejak awal September Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP)...

Pemerintah dan BI Sharing Beban Bunga untuk Biayai Program 3 Juta Rumah

Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia (BI) bersepakat melakukan pembagian...

Transformasi Digital dan Diversifikasi Kredit Antarkan BNI Raih Laba Rp10 Triliunan

Bank BNI membukukan kinerja yang positif pada semester pertama...

Berita Terkini