Senin, November 10, 2025
HomeUncategorizedSisa 2 Bulan Tahun 2025, Target Rp2 Triliun Metland Tercapai 67 Persen

Sisa 2 Bulan Tahun 2025, Target Rp2 Triliun Metland Tercapai 67 Persen

PT Metropolitan Land Tbk (Metland) hingga September 2025 berhasil mencatatkan marketing sales sebesar Rp1,345 triliun. Capaian ini sekitar 67 persen dari target marketing sales tahun 2025 sebesar Rp2 triliun.

Pencapaian ini mayoritas diraih oleh penjualan unit rumah tapak (landed house) di proyek Metland Transyogi, Metland Cikarang, dan Metland Cibitung. Pendapatan usaha sebesar Rp1,131 triliun pada kuartal ketiga 2025 diraih dari penjualan produk residensial sebesar Rp722 miliar serta pendapatan berulang (recurring income) Rp409 miliar.

Menurut Presiden Direktur Metland Anhar Sudradjat, pada periode ini Metland berhasil meraih laba bersih sebesar Rp232 miliar. Perusahaan juga tetap optimistis bisa meraih target laba hingga akhir tahun terlebih dengan berbagai indikator maupun perkembangan perekonomian yang mulai membaik.

“Dari sisi neraca, total aset perusahaan meningkat menjadi Rp7,7 triliun atau naik 3,84 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Liabilitas tercatat Rp1,9 triliun atau naik 5,82 persen dan ekuitas meningkat 3,19 persen menjadi Rp5,7 triliun yang mencerminkan kondisi keuangan terjaga,” ujarnya saat public expose secara daring Senin (10/11).

Direktur Keuangan Metland Olivia Surodjo menambahkan, komposisi pendapatan perusahaan pada kuartal ketiga 2025 terdiri atas 64 persen penjualan residensial dan 36 persen dari pusat perbelanjaan, hotel, pusat rekreasi, dan pendapatan lain-lain.

“Metland Cibitung dan Metland Menteng memberikan kontribusi terbesar pada pendapatan penjualan perusahaan sementara pendapatan berulang terutama didukung dari kinerja Metropolitan Mall Bekasi serta peningkatan performa dari sektor hotel melalui Hotel Horison Ultima Seminyak dan Metland Venya Ubud,” bebernya.

Untuk menjaga momentum yang baik ini, pada kuartal keempat Metland menghadirkan berbagai program promosi akhir tahun di sejumlah proyek residensial dan komersial termasuk penawaran harga menarik, potongan biaya pembelian hingga kemudahan pembayaran bagi konsumen.

Inisiatif ini diharapkan untuk mendorong peningkatan transaksi sekaligus memperluas jangkauan pasar menjelang penutupan tahun. Pada lini komersial, Grand Metropolitan Bekasi menghadirkan berbagai program promosi dan kegiatan tematik akhir tahun di pusat-pusat perbelanjaan untuk meningkatkan kunjungan dan daya tarik konsumen.

Baca juga: Ada Nina Karnikowski di Metland Venya Ubud-Bali

Di sektor hotel, Metland mencatat kinerja operasional yang terus meningkat dibandingkan kuartal pertama dan kedua tahun 2025. Peningkatan ini didorong oleh kenaikan tingkat okupansi dan aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) di sejumlah unit hotel seperti Hotel Horison Ultima Bekasi dan Metland Hotel Bekasi.

Untuk kategori leisure hotel, seperti Hotel Horison Ultima Seminyak dan Metland Venya Ubud, tingkat okupansinya tercatat stabil di atas 80 persen yang mencerminkan tingginya minat wisatawan dengan destinasi Pulau Bali.

“Kami akan terus mendorong penjualan di dua bulan terakhir tahun ini. Aktivitas pembelian properti mulai bergerak positif terutama pada segmen rumah tapak. Selain itu kontribusi dari pendapatan berulang juga terus memberikan stabilitas bagi kinerja perusahaan,” imbuh Olivia.

Dengan fundamental bisnis yang kuat dan portofolio proyek yang terus berkembang, Metland optimistis untuk bisnis properti tahun 2026 yang akan segera menjelang. Perusahaan akan melanjutkan strategi pertumbuhan yang berkelanjutan melalui penguatan proyek residensial, pengembangan area komersial, serta peningkatan kontribusi dari lini pendapatan berulang.

Baca juga: Tahap Pertama Metland Kertajati Sold Out

Sementara itu Direktur Pengembangan Bisnis Metland Nitik Hening memaparkan, akan ada dua proyek yang saat ini dalam tahap konstruksi yaitu GAVEnue yang merupakan perluasan dari Grand Metropolitan dan Metland Marron Hotel Tomohon selain tiga proyek lain dalam persiapan: Metland Smara Bekasi, Metland Subang, Metland Manado.

“Kami percaya tahun depan akan membawa peluang pertumbuhan baru yang akan kami jalankan dengan strategi yang adaptif, efisiensi yang terus dijaga, dan komitmen terhadap kualitas sehingga kami siap untuk melanjutkan momentum yang positif saat ini menuju tahun 2026,” tandasnya.

Berita Terkait

Ekonomi

September Kunjungan Turis Asing Menurun, Juga Lama Tinggalnya

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan akhir pekan ini, jumlah...

September Orang Indonesia yang Melancong ke Luar Negeri Meningkat Lagi

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan akhir pekan ini, jumlah...

Dua Triwulan Manufaktur RI Konsisten Tumbuh di Atas Pertumbuhan Ekonomi

Industri pengolahan atau manufaktur konsisten tumbuh di atas pertumbuhan...

Berita Terkini