Ancang-ancang KAI Hadapi Libur Natal-Tahun Baru Di Depan Mata
Musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah di depan mata dan selalu menjadi perhatian banyak keluarga untuk digunakan berlibur. Untuk itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI/Persero) telah menyiapkan berbagai hal khususnya pada jalur rel dan seluruh sarana lainnya untuk kelancaran libur Nataru.
Menurut Vice President Public Relations KAI Anne Purba, berbagai upaya yang dilakukan ini sesuai dengan arahan pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi kereta api secara menyeluruh.
“Sejalan dengan arahan Presiden Prabowo Subianto, KAI harus terus meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan kebersihan yang harus menjadi prioritas utama dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya dikutip dari siaran pers yang diterbitkan Selasa (25/11).
Dengan fokus tersebut, KAI sepanjang Januari-November 2025 terus meningkatkan kualitas prasarana secara signifikan. Berbagai pekerjaan ini untuk memastikan penumpang dapat menikmati perjalanan yang semakin stabil, nyaman, dan cepat yang merupakan buah dari kerja nyata seluruh insan KAI.
Baca juga: Masyarakat Sudah Mulai Pesan Tiket Kereta untuk Libur Nataru
Sepanjang tahun ini, KAI telah menyelesaikan penggantian rel sepanjang 84.525 meter. Pekerjaan tersebut mencakup peningkatan rel dari tipe R42 menjadi R54 serta penggantian rel-rel yang telah aus.
Selain itu, 150 wesel atau perangkat pemindah jalur yang merupakan komponen krusial untuk memastikan kereta dapat berpindah rel di persimpangan dengan aman, juga telah diganti dengan unit baru yang lebih andal.
Sementara itu penggunaan rel berukuran lebih besar dan perangkat prasarana yang baru akan meningkatkan kestabilan perjalanan sehingga dapat mendukung kecepatan operasional kereta serta yang terpenting meningkatkan keselamatan.
Untuk memperkuat stabilitas jalur, KAI juga telah menyebar 189.883 meter kubik batu kricak atau batu split. Batu ini berfungsi sebagai pondasi kokoh yang membagi beban kereta ke tanah, meredam getaran, dan menstabilkan rel sehingga perjalanan semakin nyaman.
Terkait aspek keberlanjutan, KAI turut mengambil langkah progresif dengan memasang 12.084 batang bantalan sintetis untuk menggantikan bantalan kayu pada sejumlah jembatan KA berstruktur baja.
“Penggunaan material sintetis ini merupakan komitmen KAI terhadap keberlanjutan dan pelestarian lingkungan. Jika hingga November 2025 KAI telah memasang 12.084 bantalan sintetis, maka sebanyak itu juga batang pohon yang berhasil diselamatkan dari penebangan,” jelas Anne.
Selain ramah lingkungan, bantalan sintetis juga lebih unggul karena memiliki usia pakai yang lebih panjang, tahan berbagai kondisi cuaca, lebih mudah dirawat, dan tahan terhadap bahan kimia seperti oli dan solar.
Baca juga: KAI Rilis Diskon Tiket Hingga 30 Persen Selama Nataru, Berikut Daftar Keretanya
Seluruh pekerjaan prasarana ini ditargetkan bisa selesai sebelum periode angkutan Nataru 2025/2026 dimulai. Harapannya, ketika jutaan pelanggan menggunakan kereta api, perjalanan dapat berlangsung dengan kecepatan optimal dan merasakan kenyamanan terbaik.
“Seluruh peningkatan prasarana ini kami lakukan untuk memastikan para pelanggan dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan selamat khususnya pada masa libur Nataru 2025/2026. Melalui berbagai pembenahan yang terus kami lakukan, KAI berkomitmen untuk melayani masyarakat dengan menghadirkan layanan transportasi yang andal, responsif, dan siap mendukung momen berharga pelanggan bersama keluarga di akhir tahun,” pungkasnya.