Ditopang Kulkas-AC-Mesin Cuci, Penjualan Sharp Tumbuh di Atas 100 Persen

PT Sharp Electronics Indonesia berhasil meraih kinerja luar biasa sepanjang tahun 2024 dengan mencatatkan penjualan mencapai Rp12 triliun. Ini sebuah pencapaian yang menunjukkan optimisme dan kekuatan perusahaan di pasar elektronik Indonesia.
Pertumbuhan penjualan yang konsisten terkait kinerja penjualan Sharp tercatat setiap bulannya dengan hasil gemilang di akhir tahun 2024. Pada periode tersebut penjualan Sharp tumbuh sebesar 104,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya (yoy).
“Keberhasilan ini merupakan kontribusi dari berbagai produk unggulan Sharp seperti lemari es, AC, dan mesin cuci yang berkontribusi besar atas pencapaian ini. Selain itu kategori small home appliances (SHA) juga menunjukkan perkembangan yang positif dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Andry Adi Utomo, Senior GM Sharp Indonesia dalam siaran persnya, Selasa (25/02).
Dominasi Sharp di pasar juga semakin kuat dengan pencapaian pangsa pasar yang impresif. Sharp berhasil memimpin pasar untuk segmen lemari es dengan 32,3 persen sementara untuk mesin cuci dan AC masing-masing 22,9 persen dan 24,3 persen. Angka-angka ini juga menunjukkan kepercayaan konsumen yang semakin meningkat terhadap produk Sharp.
Baca juga: Berbagai Capaian Sharp Indonesia Selama Tahun 2024
Ardy menyebut, keberhasilan ini merupakan serangkaian strategi pemasaran yang efektif. Selain fokus pada pasar ritel, penetrasi pasar ke sektor komersial juga diperluas seperti hotel, kafe, dan restoran. Sharp juga meluncurkan produk AC dengan desain warna hitam yang cocok untuk kebutuhan kafe yang tengah berkembang pesat.
Berorientasi pada kepuasan pelanggan, Sharp Indonesia bukan hanya berfokus pada kualitas produk namun juga dengan layanan purnajual yang luas. Dengan lebih dari 600 titik layanan servis di seluruh Indonesia dan dukungan dari sekitar 10.000 dealer dan sub-dealer, Sharp memastikan setiap konsumen bisa mendapatkan pelayanan cepat, profesional, dan tanpa hambatan.
Kampanye promosi Sharp juga menjangkau berbagai platform dari above the line, below the line, hingga kampanye digital yang mengoptimalkan media sosial dan platform pemasaran online. Melalui pendekatan ini Sharp dapat membangun hubungan yang lebih dekat dan personal dengan para stakeholdernya.
“Dengan fondasi yang kuat dan strategi yang tepat kami berkomitmen untuk terus tumbuh dan menghadirkan inovasi terbaik bagi konsumen. Sharp menargetkan pertumbuhan penjualan 105 persen pada tahun 2025 dan kami yakin dengan strategi yang disiapkan untuk terus berkembang dan mempertahankan posisi terdepan di pasar Indonesia,” pungkas Andry.