Kemewahan Interior Ala Kapal Pesiar di Opulent Living 2025
Majalah Indonesia Design menggelar pameran desain interior Opulent Living 2025 berkolaborasi dengan pengelola pusat belanja kelas atas Plaza Indonesia.
Pameran bertajuk “Embarking on a Design Odyssey” dengan konsep “luxury cruise experience” itu berlangsung selama 9 hari, 1-9 November 2025, di The Warehouse lantai 5 Plaza Indonesia, Bundaran HI, Jakarta. Pameran terbuka untuk umum.
Sesuai judul konsep pameran, Opulent Living 2025 menampilkan kemewahan desain interior ala kapal pesiar, dengan setiap sudut venue ditransformasikan menjadi dek-dek kapal pesiar mewah dalam berbagai gaya.
Seperti odyssey dalam mitologi yang penuh dengan penemuan, tantangan, dan transformasi, Opulent Living diniatkan membawa pengunjung menikmati berbagai tema desain interior bernuansa kapal pesiar.
Mulai dari ketenangan bawah laut, dunia tropis Indonesia, geometri organik kehidupan laut, hingga dialog gaya desain art deco dengan modernisme kontemporer.
Opulent Living 2025 melibatkan 10 desainer: Alex Bayu, Cosmas Gozali, Domisilium Studio (Santi Alaysius and Hamphrey Tedja), Hans Susantio, Helen Agustine, Endramukti Design (Hidajat Endramukti and Anya P. Putri), Janice Tjioe, Kelvin Thengono, Ryan Salim (lighting), dan Anggia Murni (landscape).
Baca juga: Le Chateau Segarkan Showcase Antoniolupi untuk Ekspresi Gaya Hidup di Kamar Mandi
Pameran didukung puluhan produk desain interior. Salah satunya Grohe Spa (Lixil), produk mewah peralatan saniter, perlengkapan kamar mandi, sistem dapur, hingga rangkaian bahan dan produk interior dan eksterior untuk rumah tinggal dan proyek arsitektur besar.

Menurut Harry Fatkan, Project Director Opulent Living 2025, pameran merupakan hasil kolaborasi para desainer, kontraktor, dan sponsor.
“Pameran menampilkan perpaduan kreativitas dengan material premium dan luxury dengan craftsmanship yang teliti, sehingga menghasilkan karya desain yang elegan, mewah, harmonis, dan penuh karakter, yang bisa dirasakan langsung oleh pengunjung,” katanya saat launching Opulent Living kepada media, Jum’at (31/10/2025).
Zamri Mamat, Deputy Chief Marketing Officer Plaza Indonesia, menyatakan pameran desain interior pertama di Plaza Indonesia ini, selaras dengan citra Plaza Indonesia sebagai destinasi retail paling prestisius di Jakarta dengan aneka luxury brands global, sekaligus ikon gaya hidup kaum high end.
“Pameran ini tidak hanya memperkaya experience pengunjung Plaza Indonesia, tapi juga melengkapi posisi kami sebagai hub premium dalam berbagai bentuk, fashion, kuliner, dan kini desain interior serta arsitektur,” ujarnya.
Konsep “luxury cruise” di Opulent Living 2025 dihadirkan dengan mengubah seluruh venue menjadi sebuah kapal pesiar imajiner, yang berlayar melalui berbagai destinasi desain.
Setiap zona pameran didesain para perancang sebagai dek atau ruangan berbeda dalam sebuah yacht mewah, lengkap dengan lounge yang sophisticated, royal suite yang tenang, area makan yang hangat, hingga sun deck terbuka.
Pengalaman navigasi melalui setiap ruang dirancang cermat, guna menciptakan narasi visual yang kohesif namun beragam, dengan setiap perpindahan dari satu instalasi ke instalasi lain terasa seperti berlayar dari satu destinasi eksotis ke destinasi lainnya.
Baca juga: Vinoti Living X Anita Boentarman: Hadirkan Desain Furniture Organik Bernuansa Alam
Opulent Living 2025 disebut merepresentasikan lebih dari sekadar showcase produk atau portofolio desainer, tapi menciptakan dialog multidimensi antara desainer, brand, dan pengunjung.

Setiap instalasi bukan hanya tentang menampilkan keahlian teknis atau estetika visual, tetapi juga tentang mengkomunikasikan filosofi, inspirasi, dan proses kreatif di balik setiap karya.
Perjalanan dimulai dari area penyambutan yang didesain sebagai boarding area sebuah kapal mewah, lengkap dengan elemen visual yang membangkitkan antisipasi perjalanan.
Setelah masuk, pengunjung pun “berlayar” melalui berbagai destinasi desain: royal suites yang menawarkan ketenangan, social lounges tempat berinteraksi, dining areas sebagai pengalaman sosial dan kultural, hingga private retreats yang mengeksplorasi konsep sanctuary personal.
“Setiap transisi dirancang natural namun mempesona, seperti menemukan ruang tersembunyi dalam sebuah kapal yang terus mengungkapkan lapisannya,” jelas Harry.
Guna memberikan pengalaman mewah di kapal pesiar itu, para perancang memberi perhatian lebih terhadap detail dan penggunaan material.
“Mulai dari material kayu yang hangat, logam yang dipoles, tekstil yang mewah, semuanya dipilih untuk membangkitkan sensasi maritime luxury yang autentik,” lanjut Harry.
Palette warna karya desain yang ditampilkan didominasi nuansa laut: biru dalam yang tenang, aquamarine yang menyegarkan, sandy neutrals yang hangat, ditambah aksen emas dan bronze yang mengingatkan pada cahaya matahari di atas air.
Bahkan akustik ruangan diatur untuk menciptakan atmosfer yang tepat, seperti audio yang tenang dan kontemplatif, kadang lebih energik dan sosial, sesuai dengan karakter setiap zona.
Direncanakan sebagai acara biennial (dua tahunan), Opulent Living akan menjadi kalender tetap dalam ekosistem desain Indonesia.