HousingEstate, Jakarta - Kondisi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Summarecon Group (SG), pengembang sejumlah township dan perumahan di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek), untuk terus membuka proyek-proyek baru. Menyusul Summarecon Bogor (500 ha) yang diluncurkan akhir 2020 kini Summarecon tengah siap-siap lagi  untuk meluncurkan proyek baru di Bekasi. Lokasi township seluas 400 ha itu di Setia Asih, Tarumajaya, Bekasi utara. Nama proyeknya masih disimpan rapat. “Pemasarannya akan segera dimulai, rencana peluncurannya  Agustus 2021,” ujar sumber di Summarecon Group, kemarin.

Saat ini kondisi tanahnya sudah matang dan siap untuk dikembangkan. Pihak Summarecon juga sudah menggelar upacara adat berupa penanaman kepala kerbau sebagai tanda pembangunan proyeknya segera dimulai. Proyek ini sudah disiapkan beberapa tahun lalu tetapi peluncurannya tertunda karena kondisi bisnis properti belum membaik. Summarecon tidak mau menunda lagi terlalu lama karena momentumnya dinilai tepat. Yaitu keberadaan jalan tol JORR 2 Cibitung-Cilincing yang akan beroperasi tahun ini dan program vaksinasi yang sudah mulai berjalan. Kedua hal itu akan berdampak positif terhadap dunia bisnis khususnya sektor properti. Lokasi proyek Summarecon cukup dekat sekitar 10 menit dari bakal gerbang tol Tarumajaya.

Kawasan pengembangan proyek ini sudah  berkembang.  Di dekatnya ada beberapa perumahan, antara Mutiara Gading City, Green Ara Residence, Grand Duta City, Pondok Ungu Permai, dan Kota Harapan Indah (KHI). Beberapa klaster KHI lokasinya cukup dekat, seperti Samata, Asera, Arana, dan Vasana.  Harga rumah di beberapa klaster itu Rp1 miliaran ke atas. Menurut sumber  housingestate.id, Summarecon akan memasarkan rumah dua lantai seharga Rp1 miliaran.

Pengembangan proyek Summarecon ini akan menyemarakkan pasar rumah menengah dan menengah atas di Bekasi utara khususnya Tarumajaya. Sejauh ini  pilihannya KHI, Grand Duta City, dan Green Ara Residence. Grand Duta City perumahan baru yang dikembangkan Grup Duta Putra. Harganya mulai Rp700 jutaan. Untuk rumah Rp500 jutaan – Rp1 miliar ada di Segara City dan Mutiara Gading City. Township Summarecon di Tarumajaya ini merupakan proyek kedua Summarecon di Bekasi setelah Summarecon Bekasi (240 ha). Summarecon Bekasi dikembangkan sebagai modern compact city. Selain hunian (rumah dan apartemen)  di dalamnya dilengkapi area komersial, pusat bisnis, perkantoran, mal, sekolah, kuliner, dan pusat perdagangan. Rumah tapak yang dipasarkan berada di klaster Magenta Residence   mulai seharga Rp1,2 miliaran.