HousingEstate, Jakarta - Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kini tidak hanya terkenal sebagai lumbung padi nasional tapi juga sudah menjadi salah satu sentra industri nasional setelah stok lahan industri di Kabupaten dan Kota Bekasi kian menipis dan makin banyaknya infrastruktur baru yang memudahkan mobilitas barang dan orang ke kabupaten ini. Selain tol Trans Jawa, Karawang mulai akhir 2019 juga dihubungkan tol Japek Layang, dan 2021 dilintasi kereta cepat Jakarta-Bandung. Salah satu stasiunnya beradi di wilayah Karawang ini.

Saat ini sudah ribuan perusahaan swasta nasional dan multinasional yang mendirikan usahanya di sejumlah kawasan industri dan zona industri di Karawang. Sejalan dengan itu developer pun berlomba-lomba melakukan ekspansi usahanya ke Karawang untuk menyediakan rumah bagi para pekerja, eksekutif, dan pengusahanya. Maka itu berkembang perumahan untuk berbagai lapisan masyarakat, mulai dari rumah bersubsidi hingga rumah untuk segmen pasar kelas menengah atas. Salah satunya PT Dynatal Tatapersada Sampurna, mengembangkan perumahan Griya Mekar Indah Karawang, yang salah satu produknya adalah rumah bersubsidi.

Lokasinya strategis di Jl Raya Pantura, tepatya di Kelurahan Pangulah Utara, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Karawang. ”Griya Mekar Indah Karawang berada di kawasan perkampungan yang sudah hidup. Berbeda dengan rumah bersubsidi lain di Karawang yang rata-rata lokasinya jauh masuk ke pedalaman,” kata Ugik Sugiyanto, Direktur Utama PT Dynatal Tatapersada Sampurnya.

 

Mudah diakses

Akses menuju ke perumahan cukup mudah, dari Jl Raya Pantura (Cikampek-Indramayu) masuk melalui Jl Mashudi Raya. Waktu tempuhnya hanya dalam hitungan menit. Sementara jika dari gerbang tol Cikampek melalui rute tersebut sekitar 20 menit. Perumahan juga bisa dijangkau dengan kereta melalui stasiun Cikampek. Jarah dari perumahan ke stasiun hanya 1,5 km. Jadi ideal untuk hunian para pekerja yang sehari-hari beraktifitas di berbagai perusahaan di sejumlah kawasan industri terutama di Kawasan Industri Bukit Indah City di Jl Raya Cikopo. Di kawasan industri milik Salim Group ini sudah beroperasi puluhan perusahaan swasta nasional dan multinasional yang memiliki karyawan puluhan ribu orang, antara lain Astra Honda, pabrik truk Hino, pabrik kaca Asahimas, pabrik roti Sari Roti, pabrik ban Dunlop, Indofood, dan lain- lain.

Rumah sudah dihuni

Sudah hidup

Sejak dikembangkan 2017 PT Dynatal Tatapersada Sampurna menjual rumah tipe 36/60 dan 30/60. Sebanyak 120 unit sudah diserah-terimakan ke konsumen, bahkan sudah ada 80 KK yang menghuni. Di lapangan saat ini sedang progres pembangunan 80 unit baru. Suasana perumahan sudah mulai hidup. Jadi para calon konsumen yang ingin beli rumah di sini bisa langsung menempati rumahnya, tidak perlu lagi menunggu rumah tetangga sebelah dihuni. Umumnya konsumen bekerja di Kawasan Industri Bukit Indah City. “Sejauh ini sebagian besar pembeli karyawan pabrik kaca Asahimas. Kami optimistis ke depan penjualan Griya Mekar Indah Karawang akan semakin kencang apalagi pembangunan gerbang utama perumahan sudah selesai dan kualitas bangunan rumah yang kami kembangkan lebih baik dibandingkan perumahan setara di lingkungan sekitar,” tambah Ugik.

Perumahan juga dikembangkan dengan infrastruktur yang cukup baik. Untuk jalan utama lebar daerah milik jalan (right of way-RoW) 9 meter, sedangkan jalan lingkungan 6-7 meter. Jalan-jalan di depan rumah yang sudah diserah-terimakan telah dibeton, sedangkan di blok yang rumahnya masih dalam proses pembangunan, akan dicor setelah pembangunan rumahnya rampung.

 

Dekat fasilitas publik

Keunggulan lain Griya Mekar Indah Karawang adalah lokasinya hanya hitungan menit menuju beragam fasilitas yang tersedia di lingkungan sekitar. Untuk sarana pendidikan misalnya, di sepanjang Jl Mashudi Raya tersedia sekolah SD-SMP negeri dan SMK Global. Untuk belanja kebutuhan sehari-hari selain dekat dengan Pasar Cikampek, juga dekat dengan Mal Cikampek di Jl Ahmad Yani yang berjarak kurang lebih 2 km dengan anchor tenant Yogya Department Store. Untuk sarana kesehatan di dekat perumahan ada RS Izza dan RS Titian Bunda di Jl Cikampek Parakan, serta RS Karya Husada di Jl Ahmad Yani.

Pihak Pemkot Karawang sendiri sudah merencanakan pembangunan Gelanggang Olah Raya (GOR) di sebelah utara Griya Mekar Indah. Pemkab juga akan membuka rute angkutan kota yang melewati perumahan untuk memudahkan mobilitas penghuni dari dan menuju berbagai fasilitas publik di kawasan Cikampek. “Griya Mekar Indah adalah perumahan bersubsidi yang berlokasi paling dekat dengan fasilitas publik yang ada di Cikampek,” tegas Ugik.

Lahan sudah dibebaskan

Perluas lahan

Melihat potensi pasar yang sangat potensial itu maka developer belum lama ini sudah memperluas izin lokasinya 50 ha lagi sehingga total menjadi 70 ha. Sejauh ini luas lahan yang sudah dikuasai mencapai 25 ha. Sebagian lahannya kelak akan untuk mengembangkan beragam fasilitas modern seperti water park, sarana pendidikan, pasar modern, masjid, komplek ruko, sarana olah raga seperti lapangan futsal, dll. “Griya Mekar Indah kami persiapkan menjadi perumahan RSH mandiri. Semua fasilitas dibutuhkan penghuni kelak tersedia di dalam kawasan perumahan,” ujar Ugik.

Saat ini pihak manajemen sedang menyiapkan PT Dynatal Tatapersada Sampurna menjadi perusahaan yang menggeluti perumahan bersubsidi namun memiliki sumber recurring income. Langkah yang akan dilakukan supaya perseroan memiliki sumber pendapatan yang berulang, pihak developer sedang menyiapkan pembangunan water park yang dilengkapi beragam wahana seperti lazimnya water park mulai dari kolam renang anak-anak dan dewasa, luncuran, food court, taman bermain, dll. Developer merencanakan pembangunan wisata air itu akan dimulai di awal tahun depan dan dijadwalkan beroperasi tahun depan juga.

Menurut Ugik, water park dipilih menjadi recurring income karena wahana wisata air itu adalah fasilitas yang digemari oleh masyarakat umum baik anak-anak maupun dewasa. Buktinya, pengunjung water park yang disediakan oleh developer di dalam perumahan selalu ramai terutama pada akhir pekan dan hari libur nasional lain. Captive market pengunjungnya antara lain penghuni puluhan perumahan di sekitarnya, warga Cikampek yang juga membutuhkan hiburan wisata air, dan warga Karawang pada umumnya. “Kebetulan di Cikampek belum ada water park. Griya Mekar Indah nanti adalah perumahan bersubsidi yang pertama yang memiliki water park di Cikampek dan sekitarnya,” tambah Ugik.

 

Tipe 30/60

Saat ini developer hanya memasarkan rumah bersubsidi tipe 30/60 yang dibanderol Rp140 juta per unit dengan uang muka atau down payment (DP) Rp3 juta. Jika tenor KPR-nya 15 tahun dengan suku bunga 5 persen per tahun, cicilan per bulan hanya Rp1.071.808 dan kalau 20 tahun hanya sebesar Rp892.699. Segeralah miliki rumah di Griya Mekar Indah Karawang. ADV

Kantor Pemasaran

Informasi lebih lanjut hubungi:
Marketing Gallery. Perumahan Griya Mekar Indah, Blok EEE 2D No. 20A,
Kelurahan Pangulah Utara, Kec. Kotabaru Karawang. 41376.
HP : 0812-8225-9999

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #190 Edisi Juni 2020