HousingEstate, Jakarta - Kunjungan para tetangga, teman, dan sanak saudara ke rumah selalu menjadi momen istimewa di hari raya. Pastinya Anda ingin menjamu mereka dengan sajian yang khusus pula. Salah satunya menyegarkan suasana rumah dengan tampilan baru. Kita bisa memulainya dari ruang tamu atau keluarga yang akan menjadi sentra berkumpul tamu. Tak perlu melakukan renovasi besar, cukup elemen rumah bagian dalam saja yang diperbarui. Sebaiknya sesuaikan penggantian material atau furnitur yang dibutuhkan dengan bujet Anda. Masih bingung memulainya? Berikut kami sarikan saran-saran dari desainer interior.

Atur Sirkulasi

Desainer interior Quartanti D Widjojowijoto dari Damaska Tata Desain (Jakarta) menyarankan, untuk memperbaiki sirkulasi ruang, pengaturan kursi, meja dan perabot lain harus dibuat agar tamutamu bisa bergerak maksimal dan leluasa.

Perencanaan peletakkan tempat cemilan dan gelas minuman juga harus dikaitkan dengan sirkulasi orang yang nyaman. Perlu diperhatikan letak bukaan-bukaan untuk sirkulasi udara agar tidak tertutup perabot, atau penempatan pendingin udara seperti kipas angin yang tidak menganggu di dalam ruangan.

Pilih Perabot Praktis

Letakkan perabot praktis sebagai tambahan tempat duduk atau tempat cemilan

Letakkan perabot praktis sebagai tambahan tempat duduk atau tempat cemilan

Desainer interior asal Bandung Dianing Mahdiawaty juga mengutamakan pengaturan rumah agar terkesan luas dan bersih. Jenis kursi praktis yang mudah diatur dan dibersihkan bisa ditambahkan di ruang keluarga. “Usahakan memilih kursi yang tidak ada tangannya agar para tamu bisa leluasa bergerak,” ujar pemilik Cinnabar Workshop itu.

Tempat duduk model bench yang tidak memiliki sandaran juga bisa memuat banyak tamu. Sofa akan terlihat memenuhi tempat secara visual pada ruang keluarga yang terbatas. Bisa dipilih kursi gaya betawi dari kayu lalu ditambahkan bantalan empuk pada bagian dudukannya.

Pilih juga material yang mudah dibersihkan, misalnya meja dari kaca. Meja kayu memiliki lapisan vernis yang kalau mengelupas agak susah perawatannya.

Tata Ulang Ruang Keluarga di Hari Raya 8

Tambahkan Aksesoris

Di ruang tamu bisa ditambahkan bantalbantal kursi mungil agar orang duduk nyaman saat bercengkerama. Di bawah kursi atau meja boleh digelar karpet dengan motif atau warna yang selaras. Jika kondisi ruang memungkinkan, tambahan lampu meja atau lampu berdiri di sudut dapat menambah suasana berbeda. Benda pajang yang bertema hari raya seperti lukisan kaligrafi juga dapat dipasang untuk memperindah ruangan.

Padu Padan Soft Furnishing

Padu padankan warna dan motif yang serasi antara tirai, taplak dan  kain pelapis sofa

Padu padankan warna dan motif yang serasi antara tirai, taplak dan kain pelapis sofa

Soft furnishing mengacu pada segala unsur dekorasi yang dilekatkan di rumah yang mengandung bahan dasar kain seperti gorden, taplak meja, sarung bantal kursi, kain pelapis sofa hingga karpet. Anda bisa banyak bermain warna, tekstur, dan motif dengan elemen ini. Tapi hati-hati, tentukan dulu skema warna yang diinginkan dan pastikan keserasiannya.

Mudahnya, padu padankan secara kompak antara gorden dan pelapis sofa, lalu taplak meja dengan sarung bantal kursi. Contohnya, gorden dan pelapis sofa bernuansa warna hijau muda, maka pelapis sofa dan taplak meja senada berwarna cokelat tua. Ketika ingin tampilan yang berbeda di hari raya, Anda bisa mempertahankan gorden dan kain sofa lama dipadu dengan warna atau motif baru pada taplak meja dan sarung bantal kursi. Diyah, Amel

AKSEN CAT DINDING

Tata Ulang Ruang Keluarga di Hari Raya 12

Cara praktis mengubah suasana ruang adalah mengganti warna cat. Melapisi dinding dengan wallpaper bisa juga diaplikasikan. Warna cat sebaiknya disesuaikan untuk men du­kung obyek­obyek yang ada di dalam ruang. Jika ingin ada sentuhan warna yang kuat atau menonjol, cukup diterapkan sebagai aksen pada dinding dan bukan keseluruhan (general).

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.