HousingEstate, Jakarta - Produsen elektronik Sharp kembali meluncurkan TV untuk lini Smart TV, yaitu Sharp Android TV dengan Google Assistant. Selama ini Google Assistant baru disematkan pada smartphone dan TV Sharp menjadi yang pertama menerapkan fitur itu, untuk menghadirkan pengalaman baru memberi perintah kepada TV, mendapatkan infromasi, hingga sekadar diajak ngobrol (two way conversation) dengan perintah suara yang diarahkan pada remote.

“Peluncuran Sharp Android TV dengan Google Assistant ini selaras dengan janji kami untuk menghasilkan lebih banyak produk berteknologi artificial intelligent dan internet of things (AIoT). Secara bertahap kami ingin mengedukasi konsumen untuk melihat berbagai kemudahan untuk mewujudkan rumah pintar (smart home) dengan berbagai produk Sharp lainnya,” kata Andry Adi Utomo, National Sales Senior GM PT Sharp Electronics Indonesia, saat peluncuran produk TV terbaru itu di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Smart TV khususnya dengan fitur Google Assistant ini akan memudahkan pengguna mengatur tontotan, hiburan, hingga agenda sehari-hari. Saat bangun tidur, TV akan menyapa kita dan memberikan informasi singkat soalt suhu di dalam dan di luar ruangan, kemacetan lalu lintas, dan lain sebagainya.

Kita juga bisa bertanya kepada TV untuk mencari rute tercepat menuju bandara misalnya, dan membantu mencarikan rute terbaik. Bisa juga TV digunakan untuk mencari informasi umum, tempat wisata, kuliner, hingga perhitungan matematika. TV juga bisa di-connect dengan perangkat Sharp yang lain seperti AC, air purifier, hingga lampu (smart lamp) supaya bisa memberikan perintah suara melalui remote TV.

TV ini juga sudah menyediakan fitur azan yang akan beroperasi secara otomatis tanpa koneksi internet setelah kita memasukkan lokasi rumah. Selain ribuan aplikasi yang bisa kita nikmati dari dunia maya, Sharp juga menggandeng konten lokal seperti Vidio dan Kaskus TV. Dengan aplikasi ini kita bisa menikmati tayangan film dan program lain seperti Netflix tanpa perlu antenna, cukup jaringan internet.

“Secara umum fungsi yang tadiya ada di smartphone kami pindahkan ke TV ini, untuk membangun kembali kebersamaan dengan keluarga, dengan menonton bareng atau memesan makanan bersama-sama melalui TV. Selama ini gara-gara gadget di tangan, kebersamaan dengan keluarga berkurang karena sibuk dengan smartphone masing-masing, TV ini bisa menjadi perangkat untuk merekatkan kembali seluruh anggota keluarga,” jelas Andry.

Sharp Android TV dengan Google Assistant ini tersedia dalam dua tipe dengan tampilan high definition (HD) dan 4K. Untuk TV HD ukurannya mulai 32, 42, sampai 50 inch seharga Rp3,3 juta-Rp6,3 juta/unit. TV 4K mulai dari 50, 60, sampai 70 inch seharga Rp7 juta-Rp20 juta. TV ini mendapat garansi lima tahun all in termasuk panel, spare part, hingga servis.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #190 Edisi Juni 2020