HousingEstate, Jakarta - ID12 atau Interior Designer 12 yang berkolaborasi dalam The Colours of Indonesia meluncurkan buku ketiganya “Maison 12, Designers Suite Apartment, Indonesian Heritage Through The Eyes of ID12” di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

ID12 adalah kumpulan 12 desainer interior lokal Indonesia yang terbentuk sebelas tahun lalu dan rutin melakukan pameran desain interior. Salah satunya melalui pameran The Colours of Indonesia (TCOI) yang diselenggarakan di atrium utama Senayan City tahun 2014, 2016, dan 2018.

Di setiap perhelatan pameran TCOI selalu memegang teguh satu semangat untuk memberikan apresiasi pada budaya Indonesia. ID12 kemudian membukukan karya-karya mereka yang tampil di setiap TCOI dengan tema yang sama. Buku desain interior yang berkesan modern, tetapi juga mengangkat dan menonjolkan spirit kekayaan warisan budaya Indonesia yang begitu beragam dan kaya dalam tata ruangan yang modern, elegan, dan kontemporer.

Sebagai bagian inti dari buku tersebut, pembahasan tentang karya ID12 selama pameran terbagi dalam judul ‘The Soul of Java, The Voyage of Borneo, The Mystical Papua, The Spirit of Sumba’. Selain itu terdapat pembahasan tentang ‘Live Café 12’ yang dihadirkan bagi para pengunjung Senayan City selama pameran.

Buku setebal 172 halaman ini didesain dengan sampul monokrom. Desain buku serba hitam-putih sengaja menjadi layar bagi karya-karya kedua belas desainer interior yang diulas. Yakni, Agam Riadi, Anita Boentarman, Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Sammy Hendramianto, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, Roland Adam, Shirley Gouw, Vivianne Faye, dan Yuni Jie.

“Melalui buku ini kami ingin memberikan referensi tentang intepretasi desain interior kelas dunia tanpa kehilangan jiwa Indonesia. Semoga kelak ajang pameran yang dilakukan ID12 juga berkembang  menjadi barometer desain interior di Indonesia,” kata Ary Juwono, Chairman of The Colours of Indonesia.