HousingEstate, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat kita harus lebih banyak beraktifitas di rumah untuk memutus penyebaran virus. Inilah akhirnya yang mendorong orang  melaksanakan hobi yang dikerjakan dari rumah seperti lebih sering memasak, merawat tanaman, memelihara hewan termasuk menghias rumah dengan kolam ikan.

Untuk kolam ikan membutuhkan penanganan khusus guna memastikan airnya tidak bocor atau rembes. “Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan kolam ikan di rumah bisa berfungsi dengan baik. Bila air di kolam terus berkurang, pindahkan ikan terlebih dulu kemudian lakukan pengecekan untuk memastikan titik yang bocor. Bila setelah beberapa hari masih ada air di dasar kolam, artinya kebocoran pada bagian dinding kolam, tapi bila habis kebocorannya dari dasar kolam,” ujar Antony Kostka, General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia, sole agent produk pelapis anti bocor Aquaproof.

Beberapa tip dari Aquaproof yang bisa dilakukan untuk memastikan kolam ikan berfungsi maksimal, pertama, pastikan bagian yang akan dilapisi telah kering dan bersih dari kotoran maupun partikel debu. Gunakan lapisan primer Super Cement+semen dengan perbandingan 1:1,25. Fungsi campuran primer ini untuk mengikat sisa kotoran yang tertinggal sehingga daya lekat waterproofing akan sempurna menutup retak halus.

Kedua, gunakan pelapis anti bocor Aquagard yang terdiri dari dua komponen yaitu bubuk dengan bahan dasar semen dan komponen cair dengan bahan emulsi polimer sintetis. Baik primer Super Cement maupun produk pelapis ini merupakan rangkaian dari produk Aquaguard yang didesain memiliki fitur flexible cementitious sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan pada area tergenang seperti kolam. Sifat produknya sangat kedap air dengan daya lekat tinggi, fleksibel, tahan lama, dan tidak beracun.

Pastikan kita mengetahui luas kolam untuk mengetahui kebutuhan penggunaan produk ini. Setiap kilogram Aquagard bisa digunakan untuk 0,75-1 m2 dengan dua kali pelapisan. Aplikasinya juga sangat mudah, celup campurkan seluruh komponen bubuk dan cairan, aduk rata, dan aplikasikan dengan kuas atau roll. Untuk area sudut bisa diperkuat lagi dengan Aquaproof polyester mesh saat lapisan pertama masih basah.

Bila seluruh kolam sudah dipastikan tidak bocor-rembes dengan aplikasi ini, ada beberapa hal rutin yang harus dilakukan. Yang pertama menjaga kebersihan kolam, mengecek pompa air dan fiter, serta pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik terlebih kolan dengan air mancur atau air mengalir.

“Produk Aquagard solusi kolam tersedia dalam beberapa ukuran 2,5, 4, dan 20 kg. Untuk memudahkan masyarakat yang saat ini lebih banyak di rumah, kami juga telah menjalin kerja sama dengan flagship store di marketplace seperti Tokopedia, Shoppee, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan JD,” kata Antony.