HousingEstate, Jakarta - Bagi milenial sekarang adalah saat yang tepat untuk beli rumah. Tidak perlu menunggu punya tabungan. Asal statusnya sekarang pegawai tetap, dan tidak punya tanggungan cicilan ke pihak ketiga,  segeralah ambil keputusan untuk membelinya. Pilihlah rumah yang cicilan KPR-nya tidak melebihi sepertiga gaji. Jika gaji  Rp6 juta pilihlah rumah yang cicilan KPR-nya maksimal Rp2 juta/bulan. Jadi harga rumahnya di kisaran Rp250 juta.

Lantas, bagaimana dengan uang mukanya?  Pilihlah rumah yang  uang mukanya nol persen, atau hanya lima persen yang bisa dicicil. Misalnya harga rumah  Rp250 juta, uang muka lima persen atau Rp12,5 juta dicicil enam kali, atau Rp2,083 juta per bulan.

Langkah berikutnya belilah rumah di proyek developer yang bermitra dengan bank penyalur KPR, pada umumnya ada bunga promo untuk jangka waktu tertentu. Katakanlah bunganya tujuh persen per tahun fixed lima  tahun. Cicilan rumah itu  untuk jangka kredit 20 tahun sebesar Rp1,75 juta/bulan untuk 5 tahun pertama.

Supaya Anda tidak mengeluarkan uang besar saat akad kredit, pilihlah rumah yang harganya sudah all in, maksudnya sudah mencakup BPHTB dan AJB. Jadi tinggal membayar biaya KPR saja.

Satu hal lagi, pilihlah rumah yang sudah dilengkapi dapur dan kanopi carport. Karena kebanyakan konsumen saat akan menempati rumahnya harus membuat dapur dan kanopi carport yang biayanya tidak kecil. Untuk rumah tipe 28-36 butuh biaya sekitar Rp30-40 juta.

Pertanyaannya, adakah rumah yang dilengkapi dapur dan carport harga Rp250 juta serta sudah termasuk BPHTB dan  AJB.  “Ada, salah satunya di proyek yang kami pasarkan,” kata Ellya, Marketing Coordinator ProSell, sole agent perumahan Hasana Residence di Daru, Tangerang, Banten.

Di Hasana Residence rumah tipe 36 plus dengan kaveling 6×10 dijual Rp248 juta all in. Harga sudah termasuk pajak dan akte jual beli. Jadi konsumen yang beli tunai sudah tidak bayar apa-apa lagi, sedangkan konsumen yang menggunakan fasilitas kredit, cukup bayar biaya KPR-nya saja. Rumah  sudah dilengkapi dapur dan kanopi carport. “Jadi benar-benar siap huni. Tidak perlu renovasi,” tegasnya.

Hasana Residence mudah dijangkau dari Jakarta, Bintaro Jaya, atau pun BSD City dengan naik kereta komuter jurusan Tanah Abang-Rangkas Bitung turun dari Stasiun Daru. Dari BSD 30 menit dan dari Bintaro Jaya 40 menit. “Dari stasiun ke perumahan naik ojek tiga menit, atau jalan kaki 10 menit,” katanya.

Menguntungkan Lagi

Yang menarik, beli rumah selain  dihuni juga sekaligus investasi. Karena harganya setiap tahun naik. Dengan asumsi kenaikan harga rumah rata-rata delapan  persen saja per tahun, awal tahun ke-6 nilai rumah yang mulanya Rp250 juta itu akan mencapai Rp350 juta sebelum dikurangi pajak, bea, dan biaya jasa bila dijual.

Investasi itu tetap jauh lebih menguntungkan dibandingkan pendapatan bunga deposito dan obligasi ritel negara (ORI). Alasannya, Anda hanya mengeluarkan modal awal Rp12,5 juta plus biaya KPR katakanlah menjadi Rp25 juta, ditambah total cicilan Rp105 juta selama lima tahun yang dibayar bertahap setiap bulan, tidak sekaligus. Bandingkan kalau dana Rp130 juta itu ditaruh di deposito dengan bunga bersih 24 persenan selama lima tahun atau ORI dengan kupon bersih 34 persenan, hasilnya hanya Rp31 jutaan atau Rp44 jutaan. Dana Rp130 juta itu harus disetor sekaligus di muka. Jadi jauh lebih menarik investasi rumah. Bisa ditempati, untungnya lebih gede lagi.