HousingEstate, Jakarta - Toko perangkat rumah tangga (furnishing) asal Swedia, Ikea, menghadirkan toko keempatnya di township Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur. Melalui toko terbarunya ini Ikea menyatakan ingin hadir lebih dekat untuk menyediakan solusi furnitur rumah tangga yang berkualitas dan terjangkau sesuai kebutuhan masyarakat.

Dalam operasionalnya, Ikea JGC akan mengimplementasikan sistem online booking untuk membatasi jumlah pengunjung sehingga jarak aman di dalam toko bisa terjaga. Selain online booking, pengunjung juga harus melakukan pindai QR Code yang ada di pintu masuk toko menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Room set yang ditampilkan di setiap toko berbeda-beda dan untuk Ikea JGC total ada 54 room set. Beberapa diantaranya mengusung konsep green room setting yang dapat diaplikasikan sebagai bentuk dukungan bagi kita yang peduli dengan lingkungan dan mengikuti gaya hidup berkelanjutan.

Di green room setting ini juga terdapat beberapa furniture luar ruang yang terbuat dari material berkelanjutan dan dapat digunakan untuk bersantai serta mendukung aktivitas berkelanjutan seperti urban farming atau waste management. Green room setting ini juga bertujuan untuk menginspirasi dan mendorong pelanggan untuk memulai gaya hidup berkelanjutan, serta menjadi wadah orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya tentang green living yang bisa dimulai dari rumah.

Sebagai upaya tambahan untuk menciptakan lingkungan berkelanjutan, Ikea JGC juga memiliki desain bangunan yang fokus pada low energy yang merupakan salah satu langkah nyata penerapan konsep green dengan menggunakan sensor cahaya dan gerak di setiap area toko. Selain itu, Ikea JGC juga menggunakan teknologi low emission yaitu dengan menerapkan rainwater harvesting system. Berbagai upaya sustainability ini bertujuan untuk meminimalkan konsumsi daya dan mendukung gaya hidup berkelanjutan.

“Pembukaan toko Ikea JGC merupakan bentuk nyata dari komitmen kami dalam menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Kami ingin menjadi tetangga yang baik dan membawa produk kami lebih dekat dan semakin mudah untuk diakses oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya,” ujar Dyah Fitrisally, Country Marketing Manager PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia) dalam siaran pers yang diterbitkan Rabu (15/9).