HousingEstate, Jakarta - Orang Jepang sangat fanatik terhadap budaya maupun kebiasaannya. Di manapun mereka berada umumnya akan mencari sekolah yang sesuai dengan budayanya untuk memberikan pendidikan awal kepada anak-anaknya. Untuk itu, Lippo Cikarang, pengembang proyek Orange County (322 ha), membuka Hikari Japanese School khususnya untuk komunitas pekerja Jepang yang banyak di kawasan ini.

Menurut CEO Lippo Group James T. Ready, sektor pendidikan juga merupakan investasi khususnya untuk meningkatkan pengembangan pendidikan guna meningkatkan sumber daya di abad 21. “Jadi pendidikan adalah hal yang mendasar dan sudah menjadi komitmen kami untuk ikut meningkatkan pengembangan pendidikan di Indonesia,” ujarnya saat membuka Hikari Japanese School, Selasa (5/5).

Lippo Group sendiri di bawah Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) telah berhasil mengelola dua universitas, lima Sekolah Pelita Harapan (SPH), enam Sekolah Dian Harapan (SDH), dan 14 Sekolah Lentera Harapan (SLH). Hikari Japanese School sendiri sebuah sekolah internasional dengan kualitas pendidikan yang sangat baik dan setara dengan pendidikan di Jepang yang menekankan pembinaan mental, spiritual, dan karakter.

Winginy Kusliawan, School System Coordinator Hikari Japanese School menambahkan, saat ini jenjang yang dibuka setingkat SD, SMP, dan SMA. Sekolah dengan landasan pendidikan Kristen ini dibangun untuk mengakomodir kebutuhan pendidikan anak keluarga Jepang di area Cikarang.

“Hikari Japanese School ini dibukan bulan Mei dan mengikuti kalender pendidikan Jepang dengan kurikulum Jepang. Selain itu ada tambahan Bahasa Inggris supaya murid-murid dipersiapkan sejak dini untuk menguasai dua bahasa. Mayoritas pengajarnya adalah guru berkebangsaan Jepang,” imbuhnya.

Hikari Japanese School menerapkan holistic education, yaitu sekolah yang menjadi partner dengan pihak keluarga dalam memberikan proses belajar untuk membentuk dan mengembangkan anak dengan seluruh potensinya. Fasilitas pendidikan yang tersedia saat ini laboratorium komputer, perpustakaan, kantin Jepang, bicycle track, lapangan olahraga, dan indoor-outdoor gym.