HousingEstate, Jakarta - PT Avia Avian Tbk (Avian Brands), perusahaan cat yang juga produsen pelapis kedap air (waterproofing) No Drop, bersekutu dengan PT Cipta Mortar Utama (Saint-Gobain Group Perancis), produsen semen instan Mortar Utama (MU), untuk memproduksi dan memasarkan waterproofing Pro-X 207. Keduanya bersekutu melalui perusahaan patungan (joint venture) PT Bangun Bersama Solusindo (PT BBS).

Berbeda dengan No Drop yang merupakan pelapis kedap air berbasis akrilik untuk permukaan yang dibasahi atau dilalui air mengalir, Pro-X 207 adalah water proofing berbasis semen untuk permukaan yang digenangi air seperti kolam renang, bak air, akuarium, dan sejenisnya.

Kalau No Drop bisa langsung diaplikasikan dengan kuas ke permukaan bangunan, Pro-X 207 didahului dengan mencampur dua bahan yang tersedia di kemasan, setelah itu baru adonan diaplikasikan di permukaan yang diinginkan. Bahan Pro-X 207 terdiri dari cairan pengikat dan powder semen. Cairan pengikat dituangkan terlebih dulu sebagian, setelah itu baru sebagian semennya dimasukkan dan diaduk bersama cairan.

Adonan bisa dibuat lagi dengan sisa komponen yang ada bila adonan sebelumnya dinilai kurang. Setelah pelapisan di permukaan beton misalnya, selesai sebanyak dua tahap dan mengering, baru dilapisi lagi dengan plasteran dan acian.

Menurut Ruben Prasanto, Chief Executive Officer (CEO) PT Bangun Bersama Solusindo, powder semennya dikembangkan oleh MU sebagai ahli semen, sedangkan cairannya oleh No Drop (Avian Brands). “Dengan penyatuan dua brand besar yang ahli di bidangnya masing-masing itu, Pro-X 207 adalah produk waterproofing dua komponen terbaik di kelasnya,” katanya.

Deputy Marketing Director Avian Brands Novi Christiana, menambahkan, cairan Pro-X 207 diproduksi dengan teknologi acrylic copolymer yang membuat produk lebih padat, lebih merekat, dan lebih tahan air, dengan tingkat ketahanan lebih lama. “Pro-X 207 dua kali lebih tahan air dan dua kali lebih tahan lama,” katanya saat peluncuran produk secara daring di Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Sementara Marketing Director MU Saint-Gobain Indonesia Apsara Herman menyatakan, produk juga diproduksi dengan teknologi easywork, yang membuatnya mudah diaplikasikan oleh siapapun. Ia menyebut saat ini Pro-X 207 sudah tersebar di berbagai toko bahan bangunan di seluruh Indonesia.