HousingEstate, Jakarta - Damara Village Jimbaran Hijau adalah proyek properti terbaru yang dikembangkan Greenwoods Group di kawasan wisata Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Di Pulau Dewata ini Greenwoods bekerjasama dengan PT Jimbaran Hijau. Lokasi perumahan tidak seberapa jauh dari kampus Universitas Udayana, kawasan wisata kuliner hidangan laut Jimbaran yang sangat terkenal itu, di samping dekat pula dengan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK). Saking dekatnya dengan ketiga tempat itu developer mengklaim waktu tempuh dengan kendaraan pribadi kurang dari 10 menit.

Meski lokasinya di kawasan wisata, Damara Village bukan resort melainkan perumahan untuk tempat tinggal sehari-hari. “Kami ingin memberikan alternatif tempat tinggal bagi para pendatang yang ingin berdomisili di Bali,” kata Okie Imanto, CEO Greenwoods Group. Pasalnya, dengan tinggal di komplek perumahan mereka tidak terikat ritual budaya masyarakat setempat. Berbeda jika mereka tinggal di tengah-tengah perkampungan, tentu harus ikut ketentuan-ketentuan adat masyarakat setempat.

Michael Sugiharto, Direktur Damara Village
Jimbaran Hijau (tengah)

Menurut rencana ada 167 rumah yang akan dikembangkan dalam empat tahap di lahan seluas kurang lebih 3,6 ha. Tahap pertama 26 unit, terdiri atas tipe Damita yang dijual mulai Rp1,2 miliar dan Dahayu mulai Rp1,6 miliar. Tipe Damita luas bangunannya 69 m2 berdiri di atas kaveling 7 x 15 m2 dilengkapi dua kamar tidur, dua kamar mandi, dan satu carport. Sedangkan tipe Dahayu luas bangunannya 101 m2 di atas kaveling 10 x 10 m2, dilengkapi tiga kamar tidur plus satu kamar pembantu, tiga kamar mandi, dan satu carport.

Kelebihan kedua tipe tersebut, antara lain terletak pada desainnya, bergaya arsitektur tropis modern. Layout ruangnya juga menarik. Dengan bangunan dua lantai berarti tapaknya hanya separuh dari total luas bangunan, sehingga menyisakan lahan kosong yang cukup lumayan di halaman depan dan samping, serta di belakang (khusus untuk tipe Damita). Lahan-lahan kosong ini jika dipertahankan terbuka, misalnya untuk taman dan atau kolam renang, akan membuat sirkulasi udara di dalam rumah lancar. Rumah menjadi nyaman dihuni.

Keunggulan lainnya, lokasi Damara berada di dalam komplek Jimbaran Hijau yang dilengkapi fasilitas modern untuk work, live, play, & learn, seperti kids outdoor playground, gokart track, Colabo coworking, Royal Tulip Hotel bintang lima, Kulkul Café dan sejumlah fasilitas lain, di samping dekat dengan Hotel Bintang lima Ayana Resort dan Four Season Hotel.

Sejauh ini animo pasar cukup bagus. Sejak diperkenalkan akhir September 2019 hingga pertengahan November (kurang dari dua bulan), rumah yang terpesan di pengembangan tahap pertama sudah lima puluh persen lebih. Untuk perumahan di kawasan wisata, persentase rumah yang terpesan dalam waktu yang sesingkat tersebut sudah bagus. Karena itu majalah HousingEstate memberikan Housing Estate Awards 2019 kepada Damara Village untuk kategori The Most Favorite Middle Class Housing on Tourism Area in Bali.

Developer sekarang tengah membangun gerbang perumahan, rumah contoh tipe Damita, jalan dan saluran, serta pembentukan kaveling siap bangun. Pada saat liburan akhir tahun nanti semua pekerjaan tersebut ditargetkan telah selesai.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #191 Edisi Juli 2020