HousingEstate, Jakarta - Sinar Mas Land, pengembang sejumlah proyek properti dan kota baru di beberapa kota besar di Indonesia memanfaatkan momentum positif belakangan ini untuk menggenjot penjualan produknya. Menyusul insentif  pajak pertambahan nilai (PPN) yang ditanggung pemerintah untuk pembelian rumah dan rumah susun hingga Rp5 miliar dan kebijakan DP 0 persen Sinar Mas Land melansir promosi besar-besaran hingga akhir 2021. Melalui program promosi yang diberi nama Wish for Home (WfH) itu Sinar Mas Land memberikan diskon langsung hingga 15 persen. “Program ini berlangsung mulai 6 Maret hingga 31 Desember 2021,” ujar Alim Gunadi, Managing Director Strategic Business & Services Sinar Mas Land, pada peluncuran program Wish for Home yang berlangsung Jumat (5/3).

Wish for Home ini mirip dengan program Move in Quickly yang dilansir Sinar Mas Land tahun lalu. Move in Quickly yang dilaksanakan tiga gelombang mulai Maret – Desember 2020 memberikan diskon hingga 20 persen. Wish for Home juga berlangsung tiga periode: 6 Maret-30 Juni, 1 Juli-30 September, dan 1 Oktober-31 Desember. Diskon paling tinggi diberikan pada periode pertama yang akan berkurang pada periode berikutnya.

Kendati diskonnya lebih kecil dibanding program Move in Quickly konsumen bakal dapat keuntungan lebih besar. Sebab, selain diskon konsumen masih mendapatkan insentif PPN hingga 10 persen untuk rumah apartemen siap huni.  Menurut Alim,  masih ada lagi diskon tambahan (additional) 2,5 persen. “Kami juga menggratiskan BPHTB, subsidi DP sampai dengan15%, subsidi cicilan KPR, gratis biaya pengalihan, gratis biaya KPR/KPA, dan diskon tambahan untuk beberapa produk,” terang Alim.

Promo ini berlaku untuk pembelian secara tunai, tunai bertahap, dan pembelian dengan KPR. Untuk itu Sinar Mas Land menjalin kerjasama dengan 13 bank penyalur KPR, antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA.  Ada belasan proyek yang ikut program ini tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Balikpapan, dan Batam.

Proyek yang kini tengah dikembangkan  Sinar Mas Land paling besar BSD City di Serpong, Tangerang, Banten. Masih di Tangerang ada Taman Banjar Wijaya,  The Marigold Navapark, The Zora, Akasa, dan Upper West. Empat proyek terakhir itu lokasinya di kawasan BSD City. Kemudian di Jakarta Selatan ada The Elements, Southgate Residence yang memiliki menara Altuera, Elegance, dan Prime, serta Aerium Apartment di Taman Permata Buana, Jakarta Barat.

Selain itu Kota Wisata dan Legenda Wisata di Jl Tran Yogi (Bogor)​, Grand Wisata Bekasi, Kota Delta Mas di Cikarang, Wisata Bukit Mas dan Klaska Residence di Surabaya, Nuvasa Bay di Batam​, dan Grand City Balikpapan di Kalimantan Timur. Program ini prioritasnya untuk rumah siap huni dan sedang dalam pembangunan (undercontruction).  Promo ini juga berlaku untuk pembelian kaveling dan ruko.

SML optimis program yang ditawarkan akan direspon konsumen. Karena itu target penjualan Wish for Home cukup besar di atas pencapaian program Move in Quick.  Menurut Alim, selama delapan bulan program Move in Quickly  meraup Rp1,5 triliun dari penjualan 4.800  unit property. BSD City member kontribusi terbesar 60 persen. Properti yang dipasarkan di BSD cukup variatif mulai Rp400 jutaan – Rp6 miliaran. Pilihannya antara lain apartemen Casa de Parco, Akasa, klaster Caelus, Alesha House. Caelus segmennya menengah atas seharga Rp5-6 miliar, sementara Alesha Rp1,5 miliar.