HousingEstate, Jakarta - PT Urban Jakarta Propertindo (UJP) mulai memperkenalkan produk apartemen Urban Suites di JL Raya Caman, Jatibening, Bekasi, berkonsep transit oriented development (TOD) karena terintegrasi dengan proyek transportasi publik  kereta riangan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek, tepatnya di Stasiun Cikunir 1-Jatibening.

Urban Suites akan dibangun di atas lahan seluas 1,4 ha yang terdiri dari tiga tower (total 900 unit), empat lantai mal (30 ribu m2), dan hotel. Proyek ini diklaim sebagai transit oriented mixed use development satu-satunya di kawasan karena memiliki tiga akses: terhubung  langsung ke stasiun LRT (0 km) dan Jl Raya Caman, serta akses ke tol Jakarta-Cikampek (exit Jatibening/Cikunir).

Menurut Direktur Marketing UJP Firdaus Fahmi, saat ini pihaknya masih  tahap persiapan launching. Proyek ini rencananya akan diluncurkan kuartal pertama 2021 dengan membuka marketing gallery dan show unit.

UJP  merupakan developer yang fokus mengembangkan property di lokasi-lokasi simpul TOD. Saat ini bekerja sama operasi (KSO) dengan PT Adhi Commuter Properti untuk pengembangan proyek TOD di LRT City Jatibening Baru, LRT City Ciracas, dan Urban Sky.

“Situasi pandemi Covid-19 membuat kami menyiapkan proyek ini  lebih detil dan disesuaikan kebutuhan masyarakat. Dengan berbagai kelebihan yaitu lokasi di pusat pertumbuhan kawasan Jatibening, terintegrasi dengan LRT, maupun keunggulan konsep yang kami tawarkan, sejak bulan Juli lalu NUP yang masuk telah mencapai ratusan,” ujarnya saat pembukaan galeri marketing dan show unit, Sabtu (5/12).

Fahmi optimis proyek TOD-nya ini akan sukses. Pasalnya, shifting (pergeseran) masyarakat dari menggunakan transportasi pribadi ke transportasi publik  telah menjadi tren di kota-kota besar dunia dan hal itu mau tak mau juga akan terjadi di Indonesia, khususnya di Jabodetabek. Pemerintah juga telah menggelontorkan dana yang besar untuk pengembangan proyek transportasi masal dan akan terus mendorong masyarakat perkotaan untuk mengubah lifestyle berhunian serta penggunaan sarana transportasinya.

Ia berharap show unit yang dihadirkan di proyek Urban Suites ini dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sehingga nanti setelah  LRT beroperasi pada pertengahan 2022 masyarakat sudah lebih siap dengan lifestyle baru ini. Di galeri marketing Urban Suites masyarakat bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai konsep maupun keunggulan-keunggulan dari proyek ini.

TOD ini cocok untuk masyarakat pekerja di Jakarta yang bergaji mulai Rp10 jutaan per bulan. Meskipun berada di Bekasi, tapi dengan adanya fasilitas lengkap dan sarana LRT akan membuat porsi biaya transportasi pergi-pulang ke kantor menjadi lebih kecil. Contoh di Singapura atau Hongkong  dengan angktan massal porsi biaya transportasi hanya 4-6 persen dari gaji, bandingkan dengan di Jakarta yang mencapai 32 persen. Jadi ada penghematan luar biasa baru dari sisi biaya transportasinya..

Di Urban Suites developer menyediakan pilihan tipe studio (28,3-30 m2), tipe dua kamar tidur (60 m2), dan tipe tiga kamar tidur (90 m2)  harga Rp19 juta-Rp21 juta/m2 atau mulai Rp500 jutaan.